Tips Mengontrol Penggunaan Media Sosial pada Anak

wifi termurah dan tercepat,paket internet rumah murah dan cepat,wifi termurah dan cepat,provider wifi murah dan cepat,harga wifi termurah dan tercepat,pasang wifi termurah dan tercepat

Berselancar di media sosial tentu menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyita waktu. Apalagi, jika aktivitas tersebut dilakukan seharian penuh, tentu Anda membutuhkan pasokan paket internet rumah cepat dan murah yang bisa digunakan setiap hari tanpa hambatan sekaligus tidak menguras dompet. Terlebih, jika penggunaannya tidak hanya pada satu perangkat melainkan digunakan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Read More

Terkait hal ini, Anda tentu harus tetap bijak dalam menggunakan internet terutama media sosial. Jangan sampai kebiasaan Anda yang terlalu sering bermain media sosial menurun kepada anak tersayang, mengingat media sosial dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak.

Untuk itu Anda selaku orang tua yang lebih dewasa harus menerapkan beberapa tips berikut untuk mengontrol aktivitas media sosial anak, yuk, disimak!

  • Membatasi waktu bermain gadget

Saat ini, tidak jarang para orang tua memilih untuk membiarkan anak-anak bermain dengan gawainya untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa kesal, sedih, atau saat anak tidak bisa diam. Padahal, pengalihan dengan memberikan anak gadget bukanlah hal yang bijak, apalagi jika akhirnya anak menjadi lupa akan waktu karena sibuk bermain gawainya.

Untuk itu, Anda sebagai orang tua tetap harus membatasi waktu anak bermain gadget-nya, berikan ia waktu bermain hanya setelah makan misalnya siang atau sore hari. Selain tidak membuat ketagihan, langkah ini juga bertujuan agar anak bisa melakukan aktivitas lain yang jauh lebih bermanfaat dan menyehatkan tubuhnya.

  • Temani anak saat berselancar di media sosial

Saat anak bermain dengan gawainya dan berselancar di media sosial, sebisa mungkin temani ia dan berikan perhatian penuh akan segala hal yang membuat anak tertarik. Cara ini akan membuat anak tidak merasa diawasi melainkan akan terasa seperti sedang berbagi informasi bersama.

Anda pun bisa mengenali ketertarikan anak akan konten tertentu yang ada di media sosial. Misalnya, jika anak lebih sering menonton konten gaya berpakaian, Anda bisa mengarahkan anak untuk mengenal lebih lanjut soal dunia fashion yang lebih kompleks nantinya.

  • Terapkan fitur untuk anak-anak dan kelola privasi serta interaksi anak

Terakhir, nyalakan fitur khusus untuk anak-anak karena dengan usianya yang masih membutuhkan bimbingan orang tua tentu anak tidak bisa membuka konten dewasa yang tidak diperuntukkan untuk dirinya. Selain itu, Anda juga bisa mengelola privasi serta interaksi anak terhadap teman di media sosialnya dengan secara rutin memeriksa daftar akun yang ia ikuti serta cek kolom komentar maupun pesan singkat di dalam aplikasi.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol penggunaan media sosial pada anak-anak. Penting bagi Anda untuk memberikan pengertian kepada anak tentang fungsi utama dari media sosial, serta selalu ingatkan anak untuk bijak dalam berkomentar maupun memposting konten.

Dengan komunikasi yang baik, anak tentu bisa dengan mudah memahami mengapa berselancar di media sosial terlalu lama tidak baik untuk dirinya dan anak pun bisa dengan bijak memanfaatkan fitur yang ada di media sosial.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.