Penyebab Kegagalan Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Dalam proses pengiriman barang menuju luar negeri sering sekali terjadi kegagalan. Tentunya semua orang tidak ingin pengiriman barang mereka gagal di tengah jalan. Hanya saja memang seringkali ada kendala dalam proses kirim paket luar negeri. Penyebabnya pun sangat bervariasi dan sebaiknya Anda memang waspada terhadap semua jenis penyebab tersebut.

Read More

Penyebab Gagal Kirim Paket

Arti gagal dalam proses pengiriman ini adalah paket tidak sampai ke tempat tujuan. Bisa juga paket tersebut malah hilang dan tidak dikirim maupun dikembalikan. Kegagalan pengiriman paket bisa dipicu oleh berbagai faktor penyebab. Berikut ini adalah 5 penyebab kegagalan pengiriman yang paling sering terjadi:

1. Alamat Tidak Lengkap

Penyebab pertama, alamat yang dituliskan di paket tidak lengkap. Ini menjadi penyebab paling sering ditemukan dan seharusnya menjadi perhatian bagi para pengirim paket. Tuliskan secara teliti dan cermat alamat yang ada pada paket. Kalau perlu cek ulang kelengkapan alamat. Jika alamat tidak lengkap maka jasa pengiriman juga sulit untuk mencapai alamat si penerima.

2. Terjadi Kendala karena Overload

Kegagalan kirim juga bisa terjadi karena ada kendala berupa overload barang pengiriman. Hal ini biasa terjadi di saat season atau momen-momen tertentu. Biasanya ketika black Friday, hari raya, dan momen-momen besar lainnya. Jika penyebabnya adalah overload sebenarnya kegagalan ini bisa diatasi karena pasti pihak ekspedisi akan tetap mengusahakan pengiriman barang.

3. Tidak Ada Izin Resmi

Perlu dipahami bahwa dalam proses kirim paket luar negeri ada aturan yang harus dipatuhi. Aturan ekspor dan impor harus dipahami dan dipatuhi oleh pihak pengirim. Pastikan bahwa izin resmi sudah terpenuhi baru melakukan ekspor juga impor barang antar berbagai negara. Jika izin tidak dipenuhi maka pengiriman barang sudah pasti akan gagal.

4. Kelalaian Petugas

Kegagalan pengiriman paket juga bisa disebabkan oleh kelalaian dari pihak petugas ekspedisi. Biasanya hal ini akan menyebabkan paket hilang sehingga tidak akan sampai ke tempat tujuan. Oleh sebab itu pilihlah jasa ekspedisi yang benar-benar terpercaya dan memang sudah terbukti bisa diandalkan untuk mengirim barang ke luar negeri.

5. Ditolak oleh Penerima

Barang atau paket juga tidak bisa sampai ke tempat tujuan jika ditolak oleh penerima. Seringkali penerima paket menolak karena merasa tidak sedang menunggu paket tersebut. Ini biasanya terjadi ketika pengirim tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan penerima sehingga akhirnya paket ditolak dan dikembalikan lagi ke alamat pengiriman.

Itulah tadi 5 penyebab kegagalan kirim paket luar negeri. Hal ini berlaku baik untuk proses impor maupun ekspor. Jika Anda ingin melakukan impor, maka cek dulu biaya pengiriman yang dibutuhkan misalnya ongkir Malaysia ke Indonesia atau dari negara lain. Begitu juga ketika Anda akan melakukan ekspor.

Sumber:

https://www.merdeka.com/uang/jne-ungkap-tiga-faktor-pemicu-keterlambatan-pengiriman-barang.html

https://kargo.tech/blog/alasan-kirim-paket-gagal/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *