Millenial Wajib Tahu Jenis Investasi yang Menjanjikan Ini!

  • Whatsapp

Kini anak muda bisa melakukan bisnis lebih fleksibel lewat gawai di mana dan kapan saja tanpa terikat pekerjaan di kantor pun. Meskipun demikian, survey di lapangan menunjukkan bahwa anak muda millenial lebih konsumtif dibandingkan menabung. Padahal gaya hidup hedon tidak bisa memberikan jaminan finansial masa depan bila Anda tidak punya bisnis yang menjanjikan. Pastikan Anda tahu panduan tentang apa itu investasi yang cocok dilakukan millenial masa kini.

5 jenis investasi yang relevan dengan anak muda digital

Digitalisasi memang memberikan pengaruh dalam kehidupan semua orang, termasuk anak muda kekinian. Investasi tidak hanya bisa dilakukan orang kelas atas dengan proyek yang bernilai besar seperti tanah atau properti, tetapi anak-anak muda bisa mulai investasi dengan modal minim dewasa ini. Asal memahami panduan tentang apa itu investasi, anak millenial bisa menghasilkan uang pensiun tak kalah besaar kemudian hari. Yuk, simak jenis investasi yang relevan dengan anak muda era digital berikut!

1. Menabung emas

Emas masih menjadi salah satu investasi favorit karena nilai yang terus bertambah meskipun dengan nominal yang sedikit-sedikit. Anda bisa memulai investasi emas digital yang lebih praktis tanpa harus bingung dengan penyimpanan produk emas. Toh, Anda bisa mulai investasi dengan membeli emas dalam bentuk batangan terkecil dulu sekarang ini.

Disarankan menghindari investasi perhiasan emas sebab nilai jual bisa anjlok karena pemakaian terus menerus, tetapi Anda bisa tetap memilikinya sebagai aksesoris sekaligus simpanan. Jika ingin untung besar, beli emas batangan yang lebih menjanjikan nilai fluktuatif.

2. Reksadana

Jika Anda punya jiwa yang berani mengambil risiko, lebih baik memilih investasi reksadana yang cocok untuk anak muda. Toh, ada banyak aplikasi reksadana yang menawarkan kerja sama dengan modal murah minimal 100 ribu rupiah saja. Selama Anda pintar memilih manajer investasi yang kredibel, maka potensi keuntungan dari reksadana lebih besar. Memang ada risiko kerugian, tapi risiko lebih kecil dibandingkan Anda memulai investasi trading saham.

3. Saham

Ingin investasi yang lebih menjanjikan keuntungan besar dengan risiko tidak kalah besar, maka trading saham bisa Anda coba. Pastikan Anda tahu bagaimana cara aman main saham untuk pemula, termasuk kapan harus membeli dan menjual saham yang dimiliki. Jangan membeli saham gorengan yang akan membuat Anda selalu melihat porto merah terus menerus, ya!

4. P2P lending

P2P lending menjadi investasi anak muda yang lebih banyak dilirik karena menawarkan sistem kerja sama. Artinya Anda bisa memberikan dukungan modal kepada peminjam dana dengan ketentuan yang jelas mulai pokok pinjaman dan sistem bunga yang jelas. Di era modern ini, aplikasi P2P lending menawarkan para pemberi pinjaman dengan jumlah yang terjangkau, kok. Meskipun demikian, P2P lending tetap masuk kategori investasi yang berisiko, ya!

5. Deposito valas

Alih-alih memilih deposito rupiah dalam jangka waktu tertentu dengan suku bunga besar, Anda bisa melirik deposito valas. Jenis deposito jangka panjang dengan mata uang asing yang cocok dipilih anak muda. Meskipun bunga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan deposito berjangka biasa, tapi nilai kurs mata uang asing yang tinggi bisa menjadi alasan Anda memilih investasi ini. Pastikan Anda memilih deposito mata uang asing yang paling aman seperti USD, Yen, EURO, dan lain-lain.

Yuk, tentukan investasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda di era digital ini! Panduan tentang apa itu investasi yang lengkap termasuk cara mendapatkan keuntungan dari jenis investasi tertentu harus Anda pelajari lebih dulu. Anak muda yang berani mengambil risiko, maka ia berhak mendapatkan jaminan keuangan lebih cerah setelah pensiun kelak.

Sumber

https://www.idntimes.com/business/economy/nur-mar-a-siregar/jenis-investasi-c1c2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *