Manfaat Puasa Senin Kamis, dari Kesehatan Hingga Pahala

puasa senin kamis manfaat,manfaat puasa senin kamis buat wanita,keutamaan puasa senin kamis,manfaat puasa senin kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis, dari kesehatan hingga pahala – Sebagai seorang penulis, saya telah menghabiskan banyak waktu untuk mencoba menemukan kata yang sempurna. Saya tahu itu mungkin terdengar konyol, tetapi ketika Anda menghabiskan delapan jam sehari untuk menulis dan mengedit konten untuk internet, Anda belajar untuk menghargai gaya dan kejelasan di atas segalanya. Namun, ketika berbicara tentang sesuatu seperti puasa, saya pikir ada beberapa kata yang tidak sesuai dengan apa yang dapat dilakukan untuk tubuh-dan pikiran Anda.

Read More

Dari laman Redaksi Dakwah dan beberapa sumber lainnya kami merangkum beberapa manfaat puasa senin kamis

Menahan Hawa Nafsu.

Puasa adalah cara untuk menahan lidah. “Siapa yang menahan perkataannya, ia bijaksana” (Amsal 10:19). Puasa juga membantu kita mengendalikan keinginan kita dan bahkan seberapa banyak kita makan. Kita dapat mencapai hal ini karena disiplin dan pengendalian diri yang berasal dari puasa. Puasa juga membantu kita memiliki kendali lebih besar atas mata, telinga, dan pikiran kita. Nabi Muhammad saw bersabda: “Ketika salah satu dari kalian berpuasa, dia harus menahan diri dari kata-kata kotor, ucapan kotor atau tindakan jahat apa pun … jika ada orang yang memulai pertengkaran dengannya atau mencoba membuatnya marah selama puasanya, maka dia harus mengatakan: ‘Saya sedang berpuasa.”

meningkatkan kesehatan usus Anda.

Salah satu manfaat utama puasa adalah dampaknya pada kesehatan usus. Usus Anda mengandung triliunan mikroba, ada yang baik dan ada yang buruk; usus juga merupakan tempat di mana pencernaan terjadi. Ini berarti bahwa seberapa sehat usus Anda secara langsung memengaruhi seberapa baik tubuh Anda dapat mencerna makanan dan menyerap nutrisi – dan jika Anda memiliki usus yang tidak sehat dan bocor (seperti yang dialami banyak orang), maka Anda akan kesulitan menyerap nutrisi tersebut.

Puasa membantu meningkatkan kesehatan usus dengan beberapa cara:

  • Ini mengurangi peradangan di seluruh tubuh Anda. Peradangan menyebabkan usus bocor dengan menciptakan robekan kecil di sepanjang lapisan usus Anda di mana bakteri masuk ke dalam aliran darah Anda bersama dengan partikel makanan yang seharusnya dipecah sebelum mereka sampai di sana, menyebabkan respons autoimun seperti Penyakit Crohn atau Kolitis Ulseratif. Untungnya, puasa telah terbukti mengurangi peradangan sistemik dengan mengurangi sitokin pro-inflamasi sambil meningkatkan interleukin anti-inflamasi seperti IL-10 dan TGFβ1.
  • Ini mendorong produksi enzim pencernaan yang membantu Anda mencerna makanan dengan benar. Ketika Anda tidak makan, tubuh Anda menggunakan energinya untuk menghasilkan zat-zat bermanfaat yang membantu memecah nutrisi dan melawan penyakit. Ini termasuk garam empedu dan asam lambung, yang diproduksi selama periode puasa.

Menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, Anda hanya perlu makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak. Kebanyakan orang makan terlalu banyak dan tidak cukup berolahraga, sehingga tubuh mereka menyimpan lemak sebagai hasilnya. Puasa membantu Anda memecah lemak tubuh Anda sendiri untuk energi karena perubahan hormon yang terjadi saat Anda berpuasa. Faktanya, puasa telah terbukti memengaruhi hormon seperti leptin dan ghrelin, yang mengatur nafsu makan dan rasa lapar. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan penurunan berat badan tetapi juga peningkatan tekanan darah dan sensitivitas insulin!

Ini dapat mencegah diabetes tipe 2.

Puasa dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  • Dalam sebuah studi terhadap 44 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas, para peneliti di University of Southern California menemukan bahwa mereka yang mengikuti diet meniru puasa kehilangan berat badan dan menurunkan kadar gula darah mereka selama periode tiga bulan. Diet ini hanya terdiri dari makanan cair dan makanan yang mengandung kurang dari 500 kalori pada dua hari setiap minggu.
  • Studi lain oleh tim yang sama menunjukkan bahwa diet serupa meningkatkan sensitivitas insulin pada 100 orang dengan pradiabetes; namun, penting untuk dicatat bahwa mereka yang menggunakan metformin kehilangan berat badan lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum obat ini untuk manajemen diabetes tipe 2.

Mengurangi risiko kanker.

Manfaat puasa untuk pencegahan kanker sangat banyak. Pertama, puasa dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan tetap bugar, yang penting karena obesitas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker tertentu. Kedua, puasa intermiten dapat menurunkan kadar insulin Anda, yang dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes atau memperbaiki gejala diabetes. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat dan tidak memiliki kondisi medis yang mendasari seperti diabetes atau hipoglikemia (gula darah rendah), maka puasa intermiten dapat membantu Anda mencegah kanker.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition & Metabolism pada tahun 2016, peserta yang berpuasa setiap hari mengalami penurunan kadar glukosa darah dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa sama sekali – dan penurunan ini menyebabkan berkurangnya stres oksidatif dan peradangan setelah dua bulan menjalani rencana diet puasa bergantian hari!

Puasa dapat meningkatkan kesehatan otak dan memperlambat penuaan.

Seperti yang Anda ketahui jika Anda pernah mencoba berpuasa sebelumnya, ini bisa menjadi proses yang sulit. Tetapi manfaat puasa lebih dari sekadar menurunkan berat badan atau terlihat lebih muda; sebenarnya, ada beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan yang membantu otak dan tubuh Anda.

Puasa dapat mengurangi peradangan. Peradangan adalah salah satu penyebab utama penuaan dan banyak penyakit, sehingga mengurangi peradangan akan membantu Anda hidup lebih lama dan lebih baik. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat mengurangi stres oksidatif (penyebab lain penuaan), yang akan membuat jenis diet ini sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Senin Kamis Puasa dapat meningkatkan daya ingat dan kejernihan mental.

Puasa bekerja dengan membersihkan otak dari racun dan memperlambat metabolisme Anda. Ketika Anda berpuasa, ada lebih sedikit glukosa yang digunakan di otak yang mengarah pada peningkatan produksi asetilkolin. Asetilkolin adalah neurotransmitter yang terlibat dalam pembelajaran, memori, fokus dan fungsi kognitif lainnya. Hal ini membantu Anda tetap waspada selama hari kerja Anda tanpa harus makan setiap beberapa jam atau camilan sepanjang hari. Hal ini juga meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat sesuatu untuk jangka waktu yang lebih lama setelah berpuasa daripada sebelum puasa dimulai (sumber).

Puasa dapat membantu Anda hidup lebih lama.

  • Puasa dapat meningkatkan umur hingga 30%. Dalam sebuah penelitian terhadap tikus, berpuasa selama dua hari setiap minggu meningkatkan umur mereka sebesar 20-30%. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada manusia sebelum kita tahu apakah hal itu juga berlaku pada manusia.
  • Puasa dapat meningkatkan kesehatan dan umur panjang pada tikus. Tim peneliti yang sama menemukan bahwa puasa selama 24 jam meningkatkan sensitivitas insulin, yang mengurangi risiko diabetes; mengurangi tekanan darah dan meningkatkan hormon pertumbuhan (yang membantu memperbaiki jaringan yang rusak). Manfaat-manfaat ini diamati pada tikus jantan dan betina, tetapi hanya setelah tiga bulan berpuasa secara teratur – tidak hanya sekali atau dua kali per minggu – jadi tidak jelas apakah Anda akan mendapatkan hasil yang sama dari satu kali puasa.

Ada banyak manfaat yang didapat dari berpuasa, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah mencobanya sekali saja! Ada begitu banyak alasan mengapa orang berpuasa setiap hari, dan beberapa di antaranya telah saya sebutkan di atas. Jika Anda berpikir ini mungkin sesuatu yang bisa bermanfaat bagi hidup Anda, maka cobalah!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *