Kenali Rata-rata Normal Suhu Anak yang Baik

  • Whatsapp

Rata-rata normal suhu anak yang sehat berkisar antara 36.6 sampai 37.2 derajat celsius. Bila si kecil alami perubahan suhu hingga 38 derajat celsius, maka bisa dikatakan anak alami demam. Meskipun demikian, ada banyak hal yang menyebabkan si kecil memiliki suhu 38 derajat celsius tapi tidak membahayakan kesehatan. Biasanya suhu anak lebih tinggi karena faktor lingkungan yang lebih panas, memakai pakaian lebih tebal dan lain-lain.

Read More

Cara Menurunkan Demam Pada Si Kecil

Rata-rata normal suhu anak bisa berubah kapan saja tergantung faktor penyebabnya. Anda harus mewaspadai bila demam anak melebihi suhu 38-39 derajat celsius pada bayi usia 3-6 bulan atau lebih. Bila si kecil demam, Anda bisa melakukan penanganan di rumah dengan cara berikut :

1. Memberikan asupan cairan

Pada bayi yang masih menyusui, Anda harus memberikan asupan ASI yang maksimal untuk menjaga anak tidak mengalami dehidrasi. Sedangkan anak yang berusia lebih dari dua tahun, berikan asupan cairan dari susu sapi, air putih atau makanan yang mengandung cairan lebih banyak seperti sup kaldu ayam, es mambo, agar-agar, dan lain-lain.

2. Mandi air hangat

Jangan memandikan anak dengan air dingin sebab bisa membuat si kecil semakin menggigil. Demi menurunkan demam lebih maksimal, sebaiknya Anda memandikan anak dengan air hangat. Untuk bayi yang demam, Anda bisa membantu membersihkan tubuh buah hati tercinta dengan lap kain yang dibasahi air hangat.

3. Mengompres dengan air hangat

Anda juga bisa membantu menurunkan demam si kecil dengan kompres air hangat. Letakkan kain atau handuk kecil yang dibasahi air hangat di bagian dahi, ketiak dan kedua kaki anak.

4. Buat suasana kamar lebih nyaman

Anda juga bisa membuat suasana kamar lebih nyaman dengan mengatur sirkulasi udara lebih bagus. Tidak masalah menggunakan humidifier yang bisa diatur untuk membuat suhu di kamar menjadi lebih hangat atau lebih dingin. Sebaiknya Anda tidak memasang pakaian tebal pada anak sebab suhu badannya akan semakin meningkat, tapi pilih pakaian dari bahan katun yang lebih ringan dan menyerap keringat.

5. Memberikan obat penurun panas

Bila anak masih dalam tahap menyusui, hindari memberikan obat penurun panas tanpa resep dokter. Berikan saja asupan ASI lebih sering atau susu sapi untuk anak yang lepas ASI, air mineral dan makanan yang mengandung cairan seperti sup ayam kaldu hangat. Namun, hindari memberikan kopi atau teh yang mengandung kafein sebab bisa menyebabkan si kecil alami dehidrasi.

Pemberian obat penurun panas bisa Anda pilih bila anak tidak menunjukkan tanda penurunan suhu tubuh. Bila demam tidak kunjung sembuh lebih dari tiga hari, jangan menunggu waktu lebih lama untuk pergi ke dokter secepatnya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anak alami demam tinggi sehingga Anda mungkin perlu melakukan konsultasi, penanganan dan perawatan lanjutan sesuai hasil pemeriksaan dokter terkait.

Kini Anda sudah memahami rata-rata normal suhu anak sehingga bisa membedakan suhu tubuh anak sehat dan alami demam. Bila demam disebabkan oleh faktor tertentu, maka Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Anak yang demam biasanya mengalami infeksi bakteri atau virus, khususnya flu dan batuk yang acap menyerang anak-anak.

Berikan penanganan sederhana di rumah untuk membantu menurunkan demam si kecil. Bila ada indikasi demam disertai gejala sesak napas, mual, muntah, muncul bintik merah, nyeri, diare, leher kaku, dan lain-lain, segera kunjungi dokter kepercayaan Anda sekarang juga.

 

Sumber

https://www.alodokter.com/demam-pada-anak

https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/cara-alami-mengatasi-demam-pada-anak/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *