Jangan Dianggap Remeh! 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit Berbahaya

Penyakit berbahaya kerap kali ditandai dengan munculnya gejala. Sayangnya, sebagian orang tidak peka dengan gejala yang muncul dan menganggapnya sepele. Jika dibiarkan dalam jangka panjang tanpa penanganan, gejala yang sepele ini bisa membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa gejala yang dianggap umum pun bisa jadi tanda dari adanya penyakit berbahaya. Berikut ini 4 gejala penyakit kronis yang kerap kali disepelekan.

Read More

Gejala Penyakit Berbahaya yang Dianggap Remeh

1. Perut Buncit

Dilansir dari Hellosehat, kegemukan pada bagian perut ternyata bisa jadi gejala penyakit serius. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan berat badan, terutama pada bagian perut. Kegemukan di bagian perut biasanya terjadi akibat penumpukan lemak yang berlebih. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit stroke, serangan jantung, hingga jantung koroner.

2. Nyeri Dada

Sering merasakan nyeri di bagian dada? Sebaiknya jangan anggap remeh gejala ini. Nyeri di dada yang disertai dengan rasa tertekan dan sesak bisa jadi pertanda penyakit serius, salah satunya adalah penyakit jantung. Selain itu, nyeri pada dada juga bisa jadi gejala GERD (Gastroesophageal reflux disease), yakni kondisi di mana asam lambung naik hingga ke kerongkongan. GERD tidak boleh dianggap sepele, karena gejala yang berulang dan terjadi dalam kurun waktu yang lama dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

3. Berat Badan Turun Drastis

Penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas juga harus diwaspadai. Seperti dilansir dari Berkeluarga, kondisi ini bisa menjadi gejala penyakit berbahaya. Penurunan berat badan secara drastis menandakan bahwa tubuh sedang mengalami gangguan metabolisme. Selain itu, beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, gangguan hormon, masalah kelenjar tiroid, hingga diabetes juga ditandai dengan penurunan berat badan yang drastis.

4. Kram Berulang Di Area Kaki

Umumnya kram di bagian kaki akan hilang dengan sendiri setelah beberapa menit. Namun, dalam kasus tertentu kram kaki terjadi secara berulang. Kondisi ini sebaiknya tidak disepelekan. Sebab kram kaki yang sering terjadi dan tak kunjung sembuh meskipun sudah istirahat merupakan salah satu gejala dari penyakit berbahaya. Kram kaki berulang bisa saja terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh arteri mengalami masalah. Bahkan, penyumbatan pembuluh darah pada kaki bisa berakhir dengan amputasi.

Kesehatan keluarga adalah hal utama yang harus diperhatikan. Oleh karenanya, penting untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengenali gejala penyakit berbahaya sejak dini. Bila Anda mengalami gejala seperti di atas, jangan anggap sepele. Memeriksakan diri ke dokter saja tidaklah cukup.

Anda butuh proteksi lebih dengan asuransi kesehatan untuk keluarga dari Myprotection. Myprotection didukung dengan manfaat rawat inap dan rawat jalan, pembayaran klaim cashless di lebih dari 900 rumah sakit, serta perlindungan untuk semua anggota keluarga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *