Ingin Menurunkan Kadar Asam Urat, Konsumsi 7 Jenis Sayuran Ini!

Asam urat merupakan penyakit yang sering dikeluhkan lansia karena faktor usia. Namun, banyak orang usia muda yang mengalami gejala asam urat karena gaya hidup yang salah kaprah dewasa ini. Bila Anda ingin terhindar dari risiko asam urat yang bisa mengganggu produktivitas harian, maka sebaiknya lakukan pola hidup sehat mulai sekarang. Pastikan Anda memilih makanan sehat dengan sayuran yang mengandung kadar purin rendah. Perhatikan tips memilih sayuran untuk asam urat yang aman dan tidak menyebabkan pengkristalan asam urat, ya!

Read More

Sayuran yang Ampuh Menurunkan Kadar Asam Urat Anda

Bila Anda sudah berusia lebih dari kepala tiga dan acap mengeluhkan asam urat tinggi, sebaiknya perbaiki pola makan mulai sekarang. Hindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti jeroan atau daging merah. Pastikan Anda memperhatikan tips memilih sayuran untuk asam urat yang baik bagi kesehatan berikut :

1. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang mengandung vitamin A untuk mendukung kesehatan mata lebih terjaga. Selain itu, wortel merupakan makanan yang mengandung lebih sedikit purin, serat dan antioksidan yang efektif mengeluarkan asam urat dari tubuh Anda.

2. Kentang

Mendapatkan makanan yang bisa memberikan energi pada tubuh tanpa membuat asam urat, kenapa tidak? Cobalah untuk mengkonsumsi kentang rebus atau bisa mengolah kentang menjadi lauk yang menyehatkan. Kentang bisa mengatasi masalah peradangan, sedangkan kandungan vitamin B6 pada kentang bisa meredakan rasa sakit akibat bengkak selama asam urat Anda tinggi.

3. Seledri

Masukkan seledri ke dalam menu sup Anda agar bisa mendapatkan manfaat dari vitamin A, B, C, dan deretan mineral yang bermanfaat. Sifat farmakologis diuretik pada seledri sangat efektif membantu mengeluarkan asam urat dalam tubuh lewat urine Anda. Jangan heran bila Anda akan lebih sehat dan bebas dari asam urat bila rajin mengkonsumsi seledri.

4. Pare

Memiliki citarasa pahit yang khas, pare memang tidak disukai sebagian orang. Namun, manfaat pare yang bisa menurunkan kadar asam urat harus Anda ketahui sejak dini. Pare bisa diolah menjadi tumisan atau Anda bisa mendapatkan khasiat pare dengan mengolahnya tanpa jus. Sebaiknya hindari membuat jus pare dengan menambahkan gula buatan atau pemanis terlalu banyak. Meskipun rasanya memang pahit, tetapi khasiat pare yang baik untuk kesehatan.

5. Tomat

Jenis sayuran yang bisa Anda pilih untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi adalah tomat. Hal ini dikarenakan tomat memiliki vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, sedangkan sifat antioksidan bisa membantu menurunkan kadar asam urat lebih baik.

6. Brokoli

Siapa yang tidak tahu kandungan antioksidan pada brokoli yang sangat tinggi? Ya, bila Anda ingin hidup yang bebas dari penyakit, maka rutin konsumsi brokoli yang cocok dibuat sup sehat. Brokoli bisa membantu mengatasi asam urat, mencegah risiko terkena penyakit jantung dan kandungan vitamin C bisa membantu meningkatkan imunitas Anda.

7. Mentimun

Mentimun bisa menjadi sayuran yang bisa menurunkan risiko hipertensi sekaligus mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Pasalnya, mentimun bisa menghilangkan kreatinin asam urat yang ada pada ginjal lewat urine.

Kini Anda sudah tahu tips memilih sayuran untuk asam urat sehingga wajib belanja jenis sayuran dalam daftar di atas, ya! Tubuh yang lebih sehat dan bebas asam urat bisa membuat aktivitas harian Anda tetap maksimal. Jangan lupa untuk tetap mengontrol asupan makanan yang tinggi purin dan lakukan olahraga secara rutin. Faktor usia, genetik dan gaya hidup sangat berpengaruh dalam meningkatkan kadar asam urat tubuh Anda yang bisa mengganggu produktivitas harian.

Sumber

https://kesehatan.kontan.co.id/news/7-sayuran-yang-efektif-menurunkan-asam-urat-tinggi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.