Cara Menghitung Masa Subur yang Mudah dan Praktis Secara Mandiri

obat sakit perut saat haid,cara menghilangkan sakit perut saat haid,cara menghilangkan nyeri haid,cara mengatasi sakit perut saat haid,cara mengatasi nyeri haid,cara meredakan nyeri haid,obat nyeri haid

Merencanakan program kehamilan bisa dilakukan dengan mengetahui cara menghitung masa subur. Namun, seringkali beberapa orang mengalami haid tidak lancar, sehingga kesulitan untuk menghitung masa suburnya. Beberapa penyebabnya adalah karena terlalu kurus, penderita PCOS, menggunakan kontrasepsi dan obat-obatan.

Read More

Masa subur merupakan kondisi dimana sel-sel telur siap untuk dibuahi. Sehingga, Anda bisa menghindari kehamilan maupun merencanakan program kehamilan dengan efektif. Yuk, cari tahu cara menghitungnya dengan mudah pada penjelasan di bawah ini!

Cara Menghitung Masa Subur setelah Haid

Anda bisa menghitung masa subur setelah haid dengan dua cara sesuai kondisinya. Pertama, jika siklus menstruasi teratur. Misalnya, Anda mengalami menstruasi setiap 28 hari. Nah, hari pertama haid Anda hitung sebagai hari ke 1. Sedangkan, pada siklus haid tersebut masa subur terjadi pada hari ke-12 sampai hari ke-16.

Sementara itu, kondisi kedua, yaitu saat haid tidak teratur. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencatat selama 6 bulan jumlah hari dalam 1 siklus haid. Satu siklus haid yang harus Anda hitung, yaitu dimulai dari hari pertama pada periode ini sampai hari pertama haid periode berikutnya.

Berikutnya, untuk menentukan hari pertama masa subur, yaitu hari terpendek dalam 6 kali siklus haid Anda kurangi 18. Kemudian sebagai hari terakhir masa subur, yaitu jumlah hari terpanjang selama 6 siklus dikurangi 11.

Rumus Menghitung Masa Subur

Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai cara menghitung masa subur berdasarkan siklus haid terpendek dan siklus haid terpanjang, yaitu:

1. Siklus Haid Terpendek

Pada siklus terpendek, misalnya Anda mengalami siklus terpendek 26 hari. Selanjutnya, kurangi 26 dengan 18 hasilnya 8. Maka, hari pertama masa subur Anda jatuh pada hari ke-8.

2. Siklus Haid Terpanjang

Sebagai gambaran, siklus terpanjang Anda adalah 35 hari. Kemudian, kurangi 35 dengan 11 hasilnya 24. Sehingga, akhir masa subur Anda jatuh pada hari ke-24.

Cara Menghitung Masa Subur Berdasarkan Ciri Fisik

Setelah mengetahui cara menghitung masa subur seperti contoh di atas, langkah selanjutnya, yaitu mengenali perbedaan secara fisik yang Anda rasakan. Sebab, ada perbedaan tertentu pada tubuh.

Tanda fisik tersebut, yaitu terjadi peningkatan suhu tubuh sekitar 0,1-1 derajat Celcius. Selain itu, payudara terasa nyeri atau lebih sensitif, perut kembung, mengalami kram di perut bagian bawah, dan keluar bercak darah dari vagina.

Tak hanya itu, tanda lain misalnya keluarnya keputihan dari vagina yang encer, bening, kenyal, dan menyerupai putih telur.

Cara Menghitung Masa Subur Tidak Sulit Bukan?

Dengan penjelasan mengenai cara menghitung masa subur seperti di atas, Anda bisa merencanakan kehamilan dengan efektif serta menghindari kehamilan yang tak diinginkan. Sehingga, Anda bisa mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera yang sesuai kondisi finansial.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *