Awas Serangan Jantung! Kenali Dulu 5 Tanda Sakit Jantung Secara Dini

  • Whatsapp

awas-serangan-jantung-kenali-dulu-5-tanda-sakit-jantung-secara-dini

Sebagai organ vital tubuh, kesehatan jantung harus benar-benar diperhatikan. Penyakit pada organ vital manusia tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan orang yang terlihat sehat bisa terkena serangan jantung tanpa tanda sakit jantung terlebih dahulu.

Read More

Selama ini penyakit jantung memang kerap terjadi pada penderita diabetes atau orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes, obesitas, orang dengan kolesterol tinggi, serta yang memiliki tekanan darah tinggi. Namun bukan berarti yang muda dan sehat terbebas dari penyakit jantung.

Mengenal Sakit Jantung

Untuk mencegah penyakit jantung, yuk kenali dulu 5 ciri-ciri sakit jantung berikut:

1. Sakit Perut dan Mual

Jika Anda sering merasa mual, perut terasa sakit tanpa sebab yang jelas, hati-hati bisa jadi itu merupakan salah satu tanda sakit jantung. Karena salah satu gejala atau ciri-ciri dari serangan jantung rasa mual dan nyeri pada perut bagian atas.

Rasa yang tidak nyaman pada perut, seperti terbakar atau biasa disebut heartburn dalam waktu yang lama dan sering muncul merupakan salah satu indikator adanya kerusakan sistem pada jantung. Gejala tersebut biasanya akan berlangsung 30 menit atau lebih lama. Gejala dari serangan jantung sendiri mulai dari yang ringan hingga yang berat.

2. Kepala Terasa Pusing

Rasa pusing berlebihan atau bahkan sampai pingsan merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan keseimbangan tubuh. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keadaan tubuh yang kurang sehat, kelelahan, dan lain-lain.

Namun jika Anda kerap mengalami rasa pusing tersebut tanpa sebab, segera lakukanlah pemeriksaan atau tanyakan pada yang ahli. Terutama saat Anda merasakan pusing disertai dengan rasa tidak nyaman pada dada. Keadaan jantung yang tidak bisa memompa darah dengan normal akan menyebabkan tekanan darah turun.

3. Mudah Berkeringat Dingin

Kondisi tubuh yang mudah sekali mengeluarkan keringat dingin merupakan salah satu tanda sakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner sendiri terjadi akibat pembuluh darah terhambat atau tidak bisa memasok darah menuju jantung karena penumpukan plak.

4. Batuk Dalam Jangka Waktu Lama

Flu dan batuk nampaknya sudah dianggap sangat lumrah terjadi hampir pada setiap orang, dari anak-anak hingga dewasa. Daya tahan tubuh yang lemah sangat mudah terkena batuk. Batuk memang bukan menjadi masalah serius bagi tubuh karena mudah sembuh.

Akan tetapi jika batuk yang Anda alami berlangsung lama dan riak yang dikeluarkan berwarna putih hingga merah muda perlu mendapatkan penanganan khusus. Batuk bisa menjadi salah satu gejala terjadinya gagal jantung. Karena saat fungsi kerja jantung terganggu, darah bisa bocor dan kembali lagi ke paru-paru dan mengganggu fungsi sistem pernapasan.

5. Kaki Menjadi Bengkak

Tanda sakit jantung berikutnya yakni terjadinya pembengkakkan pada area kaki, mulai dari telapak kaki hingga betis. Saat jantung tidak dapat memompa darah dengan cepat, darah akan kembali pada pembuluh darah sehingga mengakibatkan kebengkakan.

Selain itu, terganggunya fungsi kerja jantung dapat mempersulit kinerja ginjal dalam mengeluarkan air serta natrium dari tubuh. Kondisi tersebut juga yang menyebabkan beberapa bagian tubuh membengkak.

6. Rasa Sesak Pada Dada

Saat detak jantung Anda tidak teratur dan muncul rasa tidak nyaman seperti dada terasa sesak tanpa sebab yang jelas, Anda perlu memeriksakan pada dokter. Rasa tidak nyaman tersebut disebut ritme atau kondisi jantung yang berdetak secara tidak teratur karena aliran listrik pada saraf yang bertugas untuk mengatur ritme atau detak jantung sedang terganggu.

Jangan meremehkan ciri-ciri di atas jika terjadi terlalu sering. Jika tanda tanda sakit jantung sering terjadi dalam waktu yang lama, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri pada dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

Sumber:

  • https://health.kompas.com/
  • www.alodokter.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *