5 Cara mengobati Penyakit Radang Sendi atau Arthritis

Radang sendi merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan dan nyeri pada satu titik persendian atau lebih. Tentu saja masalah radang sendi atau arthritis ini akan menghambat aktivitas penderita karena muncul rasa sakit saat sendi digerakkan. Dokter spesialis ortopedi Lee Woo Guan sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengatasi masalah peradangan sendi semacam ini.

Read More

Pengobatan Radang Sendi

Kondisi radang sendi bisa terjadi karena berbagai macam penyebab. Bisa karena adanya penumpukan batu kristal asam urat, infeksi pada seni, dan penyakit autoimun. Tentunya harus dicari solusi yang tepat agar masalah radang sendi bisa segera berakhir dan disembuhkan. Berikut adalah 5 solusi pengobatan radang sendi yang bisa dilakukan:

1. Konsumsi Obat Antiinflamasi Non-Steroid

Pilihan pertama adalah mengonsumsi obat antiinflamasi non-steroid. Obat ini dikenal juga dengan sebutan NSAIDs dan menjadi obat pereda nyeri yang biasa dikonsumsi oleh penderita masalah peradangan khususnya di bagian sendi. Jenis obat ini bisa didapatkan dengan resep dokter namun ada juga beberapa jenis yang bisa didapatkan secara bebas seperti aspirin dan ibuprofen misalnya.

2. Konsumsi Suplemen

Peradangan seni juga bisa diatasi secara perlahan lewat konsumsi suplemen makanan. Ada beberapa jenis suplemen yang memang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi arthritis. Misalnya ada minyak ikan atau asam lemak omega 3 yang bisa mengurangi peradangan dan glukosamin yang bisa melindungi tulang dan persendian.

Selain itu, penderita arthritis juga biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi vitamin D dan vitamin K. Kedua jenis vitamin ini berkaitan dengan kesehatan tulang rawan. Vitamin A, C, dan E yang kaya antioksidan juga dapat dikonsumsi untuk melawan terjadinya proses inflamasi.

3. Olahraga Rutin

Masalah peradangan pada sendi juga bisa disembuhkan lewat aktivitas olahraga rutin setiap hari. Aktivitas fisik seperti olahraga merupakan cara terbaik untuk mengatasi peradangan sendi seperti ini. Biasanya ahli akan merekomendasikan waktu latihan selama 30 sampai 45 menit. Namun pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis ortopedi seperti dr Lee Woo Guan sebelum mulai beraktivitas fisik.

4. Kelola Stres

Ternyata faktor stres juga bisa meningkatkan peluang inflamasi dalam tubuh. Arthritis bisa saja menjadi lebih parah jika penderitanya mengalami stres dan tidak mengelola kondisi tersebut dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengelola stres dengan sebaik mungkin. Lakukan meditasi dan pikirkan hal-hal positif agar terhindar dari stres.

5. Istirahat yang Cukup

Pastikan tubuh juga mendapatkan waktu istirahat yang mencukupi. Istirahat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem muskuloskeletal termasuk sendi. Apalagi jika sendi sudah menunjukkan tanda-tanda inflamasi, jangan memaksa diri untuk tetap beraktivitas sampai kurang waktu istirahat.

Jika kondisi radang sendi tidak membaik dalam waktu yang cukup lama, jangan tunda untuk datang ke dokter ortopedi. Segera konsultasikan kondisi ini untuk mendapatkan langkah penanganan terbaik. Pastikan Anda mengikuti saran dari dokter dan menjalani pengobatan sesuai rekomendasi mereka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.