4 Tips Lancar Berpuasa untuk Penderita Maag Dari SehatQ.Com

  • Whatsapp

4-tips-lancar-berpuasa-untuk-penderita-maag-dari-sehatq-com

Bulan puasa tinggal menghitung hari. Untuk orang yang sehat, menjalani puasa sebulan penuh tentu bukan suatu hal berat. Namun beda ceritanya untuk orang yang menderita penyakit tertentu, seperti penyakit maag. Mereka yang menderita penyakit ini tentu merasa khawatir puasanya tidak lancar karena masalah kesehatan. Dilansir dari laman SehatQ.com, Anda yang menderita maag masih tetap bisa berpuasa dengan lancar dengan memperhatikan hal-hal tertentu.

Read More

Lancar Berpuasa untuk Penderita Maag

Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar penderita maag tetap lancar berpuasa:

1. Konsumsi makanan yang tepat saat sahur dan berbuka

Salah satu kunci penting bagi penderita maag agar ibadah puasanya berjalan lancar adalah makanan yang dikonsumsinya. Mengkonsumsi makanan yang tepat saat sahur dan berbuka akan meredakan gejala maag yang muncul.

Penderita maag disarankan untuk mengkonsumsi makanan berikut ini :

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi, seperti oatmeal, brokoli, wortel, apel, dan kacang-kacangan

Makanan yang rendah lemak, seperti dada ayam dan telur

Makanan dengan kadar asam yang rendah, seperti sayuran hijau

Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt

Itu adalah jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh Anda yang menderita penyakit maag. Anda tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang bersifat asam seperti jeruk, makanan pedas, makanan berlemak, dan juga gorengan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak minum minuman bersoda, kopi, dan jus dengan kandungan asam yang tinggi.

2. Hindari merokok selama bulan puasa

Berhentilah merokok selama bulan puasa. Bukan hanya pada saat berpuasa di siang hari, namun juga pada malam hari setelah berbuka dan juga makan sahur. Seperti yang sudah Anda ketahui, rokok tidak baik untuk kesehatan. Terutama untuk Anda yang memiliki penyakit maag, rokok bisa mengakibatkan naiknya asam lambung.

3. Kurangi konsumsi obat pereda nyeri

Tidak hanya rokok, Anda juga tidak disarankan mengkonsumsi obat pereda nyeri selama bulan puasa. Bukan tanpa alasan, mengkonsumsi obat jenis ini pada kondisi perut kosong pada saat berpuasa akan meningkatkan risiko iritasi lambung.

 

Jika memang Anda sangat membutuhkan obat pereda nyeri ini, Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter agar diberikan obat yang tepat. Jangan asal beli obat pereda nyeri di apotek tanpa resep dokter. Ini sangat tidak dianjurkan terutama untuk penderita maag seperti Anda.

4. Konsultasikan waktu untuk mengkonsumsi obat

Berpuasa membutuhkan penyesuaian waktu di banyak hal, termasuk waktu minum obat. Untuk jenis obat yang dikonsumsi sebelum makan, Anda bisa minum obat 30 menit sebelum makan sahur atau sebelum makan besar saat berbuka.

Jika Anda memiliki obat yang harus dikonsumsi sebanyak 3 sampai 4 kali sehari, lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter Anda terkait cara mengkonsumsinya.

Konsultasi dengan dokter terkait cara minum obat ini bisa Anda lakukan tanpa harus pergi ke klinik atau rumah sakit. Anda bisa melakukannya di rumah menggunakan smartphone Anda melalui aplikasi SehatQ.com. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung kapan saja dan di mana saja.

Selain memiliki fitur konsultasi dokter, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lainnya, seperti fitur untuk booking dokter dan juga fitur Artikel yang memuat beragam info kesehatan yang menarik. Anda bisa mendapatkan banyak informasi kesehatan melalui satu aplikasi ini.

Demikian informasi mengenai tips puasa bagi penderita penyakit maag agar bisa dijalani dengan lancar. Kini, Anda tidak perlu lagi untuk melaksanakan ibadah berpuasa selama Anda bisa memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *