3 Alasan Slam Dunk Layak Disebut Sebagai Anime Olahraga Terbaik

  • Whatsapp

Slam Dunk adalah salah satu anime legendaris yang pasti masuk dalam daftar tontonan para pencinta tayangan animasi. Buktinya adalah banyaknya ruang-ruang diskusi (di dalam maupun luar Jepang) serta produksi ulang Slam Dunk dalam berbagai bentuk seni selepas serial orisinilnya berakhir pada Maret 1996. Saking tenarnya, tayangan animasi ini disebut-sebut sebagai pemicu popularitas olahraga basket di kalangan pemuda Jepang di era 90-an, lho. Maka dari itu, yuk simak 3 alasan kenapa Slam Dunk layak disebut sebagai tayangan animasi olahraga terbaik sepanjang masa!

1. Ilustrasi Visual yang Dekat dengan Realita

Namanya saja tayangan animasi, atau serangkaian gambar bergerak yang dibuat manusia, tentu kejadian-kejadian di luar nalar bisa disusun mengikuti imajinasi pembuatnya. Kendati demikian, kebolehan ini tidak dipakai oleh animator Slam Dunk. Yap, alih-alih menampilkan ilustrasi visual yang berlebihan, serial animasi ini punya ilustrasi yang cukup halus, memanjakan mata, dan tetap masuk di akal.

Salah satu kelebihan animasi Slam Dunk adalah menampilkan gerakan yang sangat hidup ketika salah satu karakternya melakukan shot atau lay-up dalam pertandingan basket. Contoh lainnya adalah jurus atau teknik-tenik bermain bola basket yang tidak berlebihan dan tetap bisa kamu lakukan di dunia nyata.

2. Edukasi Olahraga Basket yang Betulan

Dilansir dari laman Wikipedia, Slam Dunk dinilai sebagai alasan utama meledaknya minat anak-anak muda Jepang era 90-an pada bola basket. Seorang kandidat PhD dari Cornell University, bahkan, menuliskan bahwa tayangan animasi ini adalah pembawa gelombang pertama popularitas bola basket di Jepang dalam disertasinya. Hal ini tentu tidak lepas dari alur cerita Slam Dunk yang menitikberatkan pada dunia bola basket di SMA Shohoku, di Shonan, Jepang.

Penggunaan tema olahraga basket dalam anime ini juga bukan sekadar tempelan, sebab animator juga mengajarkan penontonnya soal olahraga tersebut. Istilah-istilah dalam dunia basket, teknik, cara bermain, juga mental para karakter selaku pemain ekstrakulikuler bakset di sekolahan tersampaikan dengan jelas dalam Slam Dunk. Dampaknya, banyak penonton yang terinspirasi dan terjun ke ekstrakulikuler basket karena Slam Dunk.

3. Elemen Humor yang Segar

Alur cerita Slam Dunk dimulai dengan kisah Hanamichi Sakuragi, si cowok berbadan bongsor dan bukan favorit cewek-cewek di sekolah, yang memaksakan diri untuk masuk ke klub bola basket SMA Shohoku demi menarik perhatian Haruko Akagi—satu-satunya cewek di sekolah yang tidak takut pada penampilan dan fisik Sakuragi. Lucunya, Sakuragi punya pengetahuan dan pengalaman nol besar soal bola basket.

Awalan alur cerita itu mungkin bisa jadi gambaran seperti apa elemen humor yang ada dalam Slam Dunk. Sakuragi yang konyol terus berusaha terlihat keren di mata Akagi, juga merasa paling jagoan dalam tim basketnya. Padahal, Akagi sudah mengidolakan Kaede Rukawa, pemain basket terbaik di klub basket SMA mereka. Guyonan soal ketidakpandaian Sakuragi dalam hal olahraga basket dan percintaan menghiasi tayangan animasi berjumlah 101 episode ini.

Nah, itulah dia 3 alasan kenapa tayangan animasi Slam Dunk layak disebut sebagai anime olahraga terbaik. Kamu ingin saksikan seperti apa serunya kisah Sakuragi dan teman-teman satu klub basket SMA Shohoku? Segera instal aplikasi VIU di Play Store atau App Store, dan nonton maraton 101 episodenya dengan subtitle Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *